Apa Sebenarnya Aliran/Mazhab Radio Rodja dan Rodja TV?

Ada yang bertanya tentang Mazhab apa yang sebenarnya diikuti oleh Rodja TV atau Radio Rodja. Jika kita memperhatikan atau menjadi pendengar setia, kita akan tahu apa mazhab Rodja.

FAKTA 10: MAZHAB RODJA

Mazhab Aqidah yang diikuti Asatidz (Ustadz-ustadz) Rodja adalah Ahlus Sunnah wal Jamaah, seperti yang telah diajarkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dan diikuti oleh sahabat-sahabat dan keluarga beliau. Bisa juga disebut Aqidah Salafiyyah. Adapun Mazhab Fiqih, Radio Rodja dan Rodja TV rutin menayangkan pembahasan dari Kitab Mazhab Syafi'i. Contohnya, seperti pengajian kitab Safinatun Najah yang merupakan kitab fiqih karya seorang ulama besar dari kalangan mazhab Syafi’i yang bernama Syaikh Salim bin Sumair Al Hadhrami rahimahullah yang dibahas oleh Ustadz Dr. Arifin Badri.

Matan Abu Syuja' merupakan kitab fiqih yang telah banyak diterjemahkan oleh banyak penerbit

Selain itu, kitab Al Ghayah wa At Taqrib yang dikarang oleh Ulama Mazhab Syafi'i juga dibahas oleh Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi. Kitab ini dikarang oleh Al Qadhi Abu Syuja’ rahimahullah atas permintaan para muridnya dan teman–temannya dengan tujuan agar orang yang belajar fikih mazhab syafi'i dapat mengetahui hukum agama secara singkat dan mudah.

Meski begitu, Ustadz Sunnah yang mengisi di Rodja TV tidak terpaku pada Mazhab Syafi'i saja. Mereka semua sepakat bahwa fanatik terhadap salah satu dari Mazhab adalah sesuatu yang tercela karena para imam mazhab adalah manusia biasa yang tidak maksum, yang mungkin saja berbuat kesalahan. Oleh karenanya, semua ustadz sunnah Rodja tersebut mengambil pendapat dari semua imam mazhab Ahlus Sunnah, baik dari Imam Abu Hanifah (Mazhab Hanafi), Imam Malik bin Anas (Mazhab Maliki), Imam Syafi'i (Mazhab Syafi'i), dan Imam Ahmad bin Hanbal (Mazhab Hambali) selama berlandaskan kepada Al Qur'an dan Hadits Shahih.