Perbedaan Salafi dengan Khawarij-Takfiri

Sebenarnya, apa yang membedakan antara Salafi, Wahabi, Aliran Khawarij? Benarkah ketiganya adalah hal yang sama atau jelas-jelas berbeda? Disini kami akan membahas ciri-ciri dan perbedaan mendasar antara Salafi dengan Khawarij dalam sebuah infografis. Kami juga akan melengkapinya dengan contoh tokoh-tokoh Salafi dan tokoh-tokoh jihadi khawarij di zaman sekarang. Disebabkan banyak media dan orang awam sering salah memahami arti dari Salafi. Hal ini juga diperparah oleh fitnah yang dibuat oleh Syi’ah yang mengatakan Salafi adalah Takfiri, dengan tujuan untuk mengadu domba umat Islam di Indonesia.

Akibatnya, banyak yang mengatakan bahwa Ulama Salafi seperti Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab adalah takfiri. Padahal, tuduhan tersebut sama sekali tidak terbukti dan Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab sendiri yang membantah dengan berkata, “Adapun yang diceritakan oleh musuh-musuh tentang saya, bahwa saya menjatuhkan vonis kafir berdasarkan perasangka, dan berdasarkan muw├ólah (loyalitas, maksudnya jika ada orang yang tidak membela syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab, maka dihukumi kafir-pen), atau aku mengkafirkan orang yang jahil (bodoh; tidak berilmu) yang belum tegak hujjah padanya, maka ini kedustaan (fitnah) yang besar.” [Maj'mu Muallafat Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab, 3/14]

Salafi dan Khawarij Takfiri
Klik gambar untuk memperbesar!

Kelompok teroris dan Khawarij sangat membenci dengan tersebar luasnya poster di atas ini ke masyarakat luas. Bahkan, mereka mengkritisinya dan menuduh poster ini sesat karena tidak sesuai dengan pemahaman dan cara beragama mereka. Penyebabnya adalah karena Aqidah mereka dengan Aqidah Salafi sangat berbeda jauh. Disamping itu, poster ini dapat memudahkan masyarakat untuk mengetahui penceramah/tokoh-tokoh/ulama Jihadi Takfiri dan mana yang bukan. Mari kita dukung Pemerintah dalam memberantas pemahaman terorisme dan jaga keluarga kita dari aqidah sesat.