Abdul Hakim bin Amir Abdat dan Yazid Jawas di Mata Malaysia

Di Malaysia, kedua Ustadz Sunnah senior ini ternyata telah lama dikenal oleh masyarakat Malaysia. Mereka berdua menjadi rujukan ilmu bagi masyarakat Ahlus Sunnah disamping juga Ustadz Sunnah asal Malaysia.

FAKTA 4: MALAYSIA

Di Malaysia, daurah yang mengundang Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas sampai sekarang masih ada. Terakhir kami ketahui, daurah Ustadz Yazid pernah diselenggarakan pada 2014 di Masjid Al Qurtubi, Taman Seri Segambut, Kuala Lumpur. Ustadz Yazid dan Ustadz Abdul Hakim dikenal baik oleh masyarakat di negeri jiran. Hal ini dikarenakan kedua sosok Ustadz ini sangat aktif dalam menulis kitab-kitab yang sesuai dengan pemahaman Salaf berbahasa Indonesia. Karena perkembangan penerbitan Indonesia yang semakin maju, buku-buku manhaj salaf termasuk buku/kitab karangan mereka dapat diimpor dari Indonesia menuju Malaysia.

Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas dan Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat

Ustadz Abdul Hakim Abdat sendiri dinilai sebagai pakar hadits asal Indonesia bagi mereka yang berada di Malaysia. Bagi masyarakat Ahlus Sunnah di Malaysia, mereka dinilai banyak berjasa dalam berdakwah menyebarkan aqidah ahlus sunnah di Indonesia. Juga banyak menulis buku-buku, mempunyai banyak rekaman dalam VCD maupun MP3 yang telah banyak beredar. Salah seorang saudara kami di Malaysia berkata dan memberi nasihat, yaitu "Bacalah karya-karya beliau, Sungguh Allah Subhanahu wa ta'ala telah menjadikan pada karyanya demikian banyak manfaat yang melimpah." Memang benar, karya Ustadz Yazid Jawas dan Ustadz Abdul Hakim Amri Abdat sangatlah bermanfaat.

Buku-buku Ustadz Yazid yang laris terjual di Malaysia, seperti "Mulia dengan Manhaj Salaf", "Birrul Walidain", "Syarah Aqidah Ahlus Sunnah wal Jamaah", "Menuntut Ilmu Jalan Menuju Surga", dan "Doa & Wirid Mengobati Guna-guna dan Sihir". Terlebih lagi, Karya Ustadz Abdul Hakim Abdat yang berjudul "Al Masaa'il". Sebuah kitab yang membahas permasalahan-permasalahan agama. Buku ini menghimpun sejumlah koreksi atas pemahaman tentang berbagai masalah-masalah agama yang beredar di kalangan muslimin khususnya di Indonesia dengan ditopang oleh dalil-dalil dari Al Quran dan As Sunnah serta diperluas dengan pendapat dari Imam-imam Ahlus Sunnah yang terpercaya. Uraiannya dibuat secara sistematis dan dengan gaya bahasa yang mudah dicerna dengan tidak mengurangi tingkat keilmiahan Ustadz Abdul Hakim yang mengacu pada standar ilmu hadits.