Ustadz Abdullah Roy adalah Alumni Al Furqon Gresik

Sebelum menuntut ilmu ke kota Nabi, Ustadz Abdullah Roy menuntut ilmu di salah satu pesantren sunnah di kota Gresik. Pesantren tersebut adalah pesantren/Ma’had Al-Furqon Al Islami.

FAKTA 3: PESANTREN

Tempat Ustadz Abdullah Roy menimba ilmu sebelum berangkat ke Madinah

Ustadz Abdullah Roy merupakan alumni dari Pondok Pesantren Al Furqon. Dimana pesantren ini didirikan oleh Ustadz Sunnah senior yang bernama Aunur Rofiq Ghufron. Pesantren ini berdiri pertama kali di atas tanah di desa Srowo, kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik Jatim yang merupakan hibah dari orang tua pengasuh seluas 850 m2. Berdiri bangunan pertama seluas 7 x 18m2 Dibangun dengan dana dari pengasuh dan sumbangan dari masyarakat dan jama'ah pengajian yang diasuh oleh Ustadz Aunur Rofiq bin Ghufron, Lc yang beliau adalah salah satu alumni Universitas Muhammad bin Su’ud Riyadh KSA tahun 1982.

Sepulang dari Arab Saudi, Ustadz Aunur Rofiq pada awalnya aktif mengajar dan berdakwah di daerah Kediri, Jawa Timur. Namun pada sekitar awal tahun 1989, beliau terpanggil untuk menyebarkan ilmu yang didapatnya di tanah kelahirannya sendiri di Desa Srowo, Kec. Sidayu, Kab. Gresik, Jawa Timur. Pada tanggal 13 Juli 1989 atau 10 Dzulhijah 1409 H diadakan pertemuan di gedung pondok pesantren antara pendiri ponpes dan para pemuka masyarakat Desa Srowo, Kec. Sidayu, Gresik yang membahas pendidikan dan status Pondok Pesantren. Maka disetujui bersama pembentukan Madrasah Diniyah al-Furqon sebagai cikal bakal PP. Al Furqon.