Kitab Ulama yang Dibahas Ustadz Khalid Basalamah

Bagi yang sering datang kajian Ustadz Khalid, mungkin sudah tidak asing lagi dengan Kitab-kitab yang dibahas oleh Ustadz Khalid. Dari kitab-kitab sejarah seperti Sirah Nabawiyah, Bulughul Maram, Minhajul Muslim, Al Kaba'ir, dan kitab-kitab lainnya dibahas dan dikupas secara mendalam pada ceramah-ceramah yang beliau sampaikan.

FAKTA 5 : KITAB

Ceramah Ustadz Khalid Basalamah menjadi ceramah yang kental dan padat dengan dalil-dalil yang Shahih karena mempunyai rujukan yang kredibel dari kitab yang beliau pelajari. Kitab Bulughul Maram dibahas dengan sangat baik oleh beliau. Kitab tersebut mempunyai judul lengkap Bulugh al-Maram min Adillat al-Ahkam, disusun oleh Ulama Ahlus Sunnah yang bernama Al Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalani (773 H - 852 H). Kitab ini merupakan kitab hadits tematik yang memuat hadits-hadits yang dijadikan sumber pengambilan hukum fikih (istinbath) oleh para ahli fikih. Kitab ini menjadi rujukan utama khususnya bagi fikih dari Mazhab Syafi'i. Kitab ini juga banyak diterjemahkan di seluruh dunia.

Beberapa kitab yang dibahas Ustadz Khalid Basalamah


Selain itu, beliau juga mempunyai pembahasan lengkap seputar kitab atau buku Minhajul Muslim. Kitab Minhajul Muslim yang ada di ini merupakan satu dari sedikit karya tulis dalam bentuk ringkas yang menggambarkan ajaran islam secara menyeluruh. Ditulis oleh seorang ulama besar yang tinggal di kota Madinah Saudi Arabia yang hingga saat ini masih aktif memberikan kajian-kajian dan ceramah-ceramah ilmiah di Masjid Nabawi. Hampir seluruh aspek agama dijelaskan dalam buku ini dengan merujukkan kepada Al-Qur’an dan Hadits Nabi Sallallahu’alaihi wasallam.