Pengamalan Sunnah Nabi oleh Ustadz Syafiq

Ustadz Syafiq Riza Basalamah sangat bersemangat dalam mengamalkan sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Mulai dari pribadi beliau yang romantis kepada istri, perhatian kepada anak beliau, sampai-sampai penampilan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam yang tidak mencukur jenggot juga diamalkan oleh Ustadz Syafiq.

FAKTA 6: SUNNAH NABI


Jamaah yang dekat dengan Ustadz Syafiq sudah mesti mengetahui bahwa beliau sangat tertarik dengan berkuda dan memanah. Keduanya disukai oleh Ustadz Syafiq karena hal ini disunnahkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Pada video dibawah ini tampak Ustadz Syafiq sedang berolahraga memanah:


Adapula video Ustadz Syafiq yang sedang mentadabburi hadits Nabi tentang menggembala kambing. Ustadz Syafiq juga menyempatkan untuk meminum susu kambing. Seperti yang kita ketahui, Nabi kita shallallahu 'alaihi wa sallam menyatakan bahwa kambing seluruhnya, baik itu daging, kulit, maupun susunya mengandung berkah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

اتخذوا الغنم فإن فيها بركة

"Peliharalah (manfaatkan) oleh kalian kambing karena di dalamnya terdapat barakah." [HR Ahmad, Shahih]



Ahli tafsir Al-Qurthubi rahimahullah berkata,

وجعل البركة في الغنم لما فيها من اللباس والطعام والشراب وكثرة الأولاد، فإنها تلد في العام ثلاث مرات إلى ما يتبعها من السكينة، وتحمل صاحبها عليه من خفض الجناح ولين الجانب

"Allah telah menjadikan berkah pada kambing di mana kambing bisa dimanfaatkan untuk pakaian, makanan, minuman, banyaknya anak ,karena kambing beranak tiga kali dalam setahun, sehingga memberikan ketenangan bagi pemiliknya. Kambing juga membuat pemiliknya rendah hati dan lembut terhadap orang lain"

Bahkan setiap Nabi pernah mengembalakan kambing, ulama menjelaskan hikmahnya karena memang megembalakan kambing membutuhkan kesabaran dan ketekunan yang akan membentuk karakter baik seseorang.