Syafiq Reza Basalamah, Khalid Basalamah, dan Jeffry Al Buchori


Ustadz Khalid Basalamah dengan Ustadz Syafiq Riza Basalamah sebenarnya mempunyai hubungan apa? Disini akan dibahas tentang hubungan antara kedua orang Ustadz tersebut.

FAKTA 7 : SYAFIQ BASALAMAH

Sebelumnya, kita bahas dahulu siapa sebenarnya Ustadz Syafiq Reza Basalamah. Ustadz Syafiq adalah ustadz beraqidah Salafi Ahlus Sunnah yang banyak dicintai masyarakat. Perkembangan dakwah salafi memang sedang mendapatkan antusiasme yang luar biasa. Merangkul berbagai elemen masyarakat, dari rakyat biasa sampai aparatur negara, merambah ke kalangan pembisnis sampai kalangan artis. Kepolisian Republik Indonesia juga kerap mengundang Ustadz Syafiq untuk mengisi pengajian di polres setempat, seperti di Polres Pekanbaru. Tidak hanya itu, tabligh akbar yang diisi oleh Ustadz Syafiq dihadiri dan dibuka oleh Kapolri Badrodin Haiti. Jauh sebelum itu, Ustadz Syafiq juga kenal dekat Ustadz Jeffry Al Buchori.


Ustadz Syafiq pun menilai bahwa sosok Uje adalah orang yang mau menerima nasihat. " Jeffry itu masya Allah, orang yang terbuka untuk menerima nasehat, pernah saya melihat Jeffry dalam sebuah sinetron, dia memerankan peran ustadz di sinetron itu. Namun dalam sinetron itu ada adegan yang berbau syirik, kemudian saya hubungi dia untuk memberi masukan perihal sinetron yang dibintanginya itu, beliau pun menerima dan berhenti dari sinetron itu,”kata Ustadz Syafiq, seperti diceritakan Ahmad Anshori, mahasiswa Unviersitas Islam Madinah dalam laman facebooknya.

Pertemuannya dengan Ustadz Syafiq ini membuat Uje ingin rujuk kepada Manhaj Salaf. Hal itu UJE ungkapkan ketika beberapa waktu sebelum beliau wafat. Ustadz Jefri mengurangi bahkan sudah jarang muncul di televisi dan ustadz Jefri ingin kembali kepada agama Allah yang murni. Opic mengungkapkan “Dia bilang akhir-akhir ini agak aneh, dia merasa dirinya sangat banyak dosa, kekurangan. Saya menangkap ada ruang tobat yang besar dipenghujung hidupnya. Ingin kembali kapada Allah dengan murni. Kalau saya terus ceramah, terus siapa yang ceramahin saya? Ada kegelisahan dia. Saya menangkap ini hal luar biasa, kata Uje yang dikisahkan kembali oleh Opick.

Ustadz Abu Nizar berkata "Jefri Al Bukhari setiap datangkan jama'ah Indonesia untuk umrah, ketika sampai di madinah, Jeffry Al Buchori senantiasa meminta Ustadz Syafiq membimbing jama'ah umrahnya, dan Ustadz Syafiq senantiasa menashihati Jeffry Al Buchori di Madinah, dan Jeffry Al Buchori senantiasa memberikan hadiah untuk Ustadz Syafiq, kami pernah tanya ke ustadz syafiq tentang barang baru yang dimiliki beliau, beliau menjawab 'ini hadiah dari Jeffri'.

Lalu, apa hubungan dengan Ustad Khalid Basalamah? Ustad Khalid Basalamah dan Ustadz Syafiq Reza Basalamah tidak dikenal sebagai saudara kandung. Hanya saja, beliau memiliki nama marga yang sama yaitu Basalamah. Marga Basalamah merupakan salah satu marga Arab Hadramaut yang merujuk kepada nama keluarga atau marga yang dipakai oleh keturunan bangsa Arab, yang berasal dari daerah Hadramaut di Yaman, yang letaknya di Jazirah Arab bagian selatan. Penamaan marga sendiri dipilih berdasarkan kabilah, tempat asal, sejarah, kebiasaan atau sifat serta nama nenek moyang golongan tersebut.

Ustadz Dr. Khalid dan Ustadz Dr. Syafiq memiliki almameter yang sama-sama dari Universitas Islam Madinah. Hanya saja, Ustadz Khalid tidak melanjutkan studinya S2 dan S3 nya di Madinah seperti Ustadz Dr. Syafiq yang menyelesaikan doktoralnya di kota Madinah, kota yang terjaga kesuciannya ini. Hal yang terpenting adalah keduanya sama-sama Ustadz Ahlus Sunnah yang senantiasa berpegang pada Aqidah Salaf dan mengajak masyarakat Indonesia untuk kembali kepada kemurnian ajaran Agama Rasulullah yang masih putih bersih dari noda syirik dan bid'ah.